Kamis, 12 Desember 2013

Struktur Sosial dalam Masyarakat

A. Pengertian Struktur Sosial

     Struktur sosial adalah susunan atau tatanan yang timbul karena adanya hubungan timbal balik antara status dan peran dalam masyarakat.

 B. Pengertian Status 

      Status adalah posisi atau kedudukan seseorang dalam masyarakat

  C. Pengertian Peranan 

     Peranan adalah perilaku yang diharapkan dari seseorang yang memiliki status tertentu. Ada beberapa cara untuk mendapatkan peranan yaitu sebagai berikut :

 *Ascribed Status : Yaitu status yang didapatkan karena keturunan, misalnya seseorang yang berasal dari rakyat biasa kemudian menikah dengan seseorang yang terpandang katakanlah bangsawan. Maka, dari pernikahan tersebut seseorang yang berasal dari rakyat biasa kemudian mendapatkan gelar kebangsawanan.
*Achieved Status : Yaitu status yang didapatkan seseorang karena kerjakeras dan perjuangan, misalnya Pak Purwoto seorang pemulung. Tapi karena keuletannya dalam bekerja, dan dengan motivasi yang tinggi sehingga Pak Purwoto mempunyai inisiatif untuk mengubah barang bekas tersebut menjadi benda seni yang bernilai tinggi. Sehingga, dari misalnya 1kg sampah pelastik yang dihargai murah oleh pengepul, tetapi setelah berubah bentuk mempunyai nilai finansial yang lebih tinggi, sehingga membuat Pak Purwoto menjadi pengerajin yang sukses.
*Assigned Status : Yaitu status yang didapatkan karena penghargaan, misalnya para pahlawan.

D. Ciri-ciri Struktur Sosial

1. Bersifat abstrak, yaitu berdasarkan anggapan
2. Terdapat dimensi vertikal dan Horizontal
3. Sebagai landasan proses sosial suatu masyarakat
4. Bisa berkembang dan berubah

sturktur sosial

0 komentar:

Posting Komentar

Sungguh orang yang bijak adalah orang yang berkenan memberikan komentar ;) Terimakasih atas komentarnya!

Visitors

Flag Counter

Xfour Information

Xfour Information |Di beberapa daerah di Indonesia dalam pilkada yang akan serempak dilaksanakan pada tahun ini, di beberapa daerah terdapat calon tunggal yang terdaftar sebagai calon kepala daerah. Tetapi hal tersebut bukan berarti calon kepala daerah tersebut menang begitu saja!